62 Kelompok UMKM dan Koperasi Terima Bantuan dari Pemkab Bolsel 

by -34 views

LS,BOLSEL– Sejumlah 62 Kelompok UMKM dan Koperasi terima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pada acara serah terima bantuan yang digelar di Aula Kantor Camat Bolaang Uki, Selasa (27/12/2022) hari ini, Bupati H.Iskandar Kamaru S.Pt,M.Si menyampaikan tentang tujuan penyerahan bantuan tersebut.

“Bantuan hibah barang kepada pelaku usaha mikro dan koperasi dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kelompok, sehingga dengan semakin banyaknya kelompok usaha masyarakat yang memperoleh bantuan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”ujar orang nomor satu di Bolsel ini.

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan telah melaksanakan program pemberdayaan UMKM dan Koperasi untuk masyarakat, yang sumber dananya dari APBD melalui program kementerian berupa uang tunai untuk pelaku usaha Mikro dan program penggantian pembelian bahan baku usaha mikro.

“Saat ini sedang berlangsung program pensertifikatan tanah milik pelaku UMKM, dimana melalui program ini bekerja sama dengan Badan Pertanahan, dan di tahun 2022 ini Bolsel memperoleh 50 buah sertifikat tanah gratis bagi pelaku UMKM dan program ini akan terus berlanjut hingga tahun 2023 mendatang,”jelas Kamaru.

Selanjutnya Bupati berharap kepada para pelaku usaha agar terus mengembangkan usahanya serta mengasah kemampuannya untuk terus berinovasi dalam berusaha baik berupa penambahan jumlah jenis produk yang dihasilkan maupun pengembangan terhadap kualitas produk dan perluasan pemasaran produk.

“Kita akui bersama, memang produk UMKM Bolsel belum sepenuhnya mampu bersaing dengan produk UMKM Kabupaten/Kota lain yang sudah lebih dulu mengembangkan produknya, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau kita terus bahu membahu dengan satu tujuan yang sama maka bisa jadi produk UMKM kita akan mampu menyalip kualitas produk dari daerah lain,” ungkap Bupati dihadapan masyarakat dan kelompok penerima bantuan.

Pada kesempatan ini, Bupati Bolsel H.Iskandar Kamaru S.Pt.M.Si menyerahkan secata simbolis bantuan UMKM kepada 62 Kelompok yang terdiri dari 59 Kelompok UMKM dan 3 Koperasi.

“Diminta kepada 62 Kelompok UMKM dan Koperasi yang sudah menerima bantuan kali ini, akan mendapat perhatian dan pengawasan dari instansi terkait sehingga perkembangannya dapat diketahui,”tegas Bupati Iskandar Kamaru.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri Asisten II Setda Bolsel Muh. Suja Alamri S.Pd, Staf Khusus Bupati, Kadis Sosial Syaiful Botutihe, Kadis Koperasi UMKM Trans Naker Basri Sutrimo,S.STP, Camat Bolaang Uki Nurhaeda Yasin SE, serta kelompok penerima bantuan.

 

Aspriadi Paputungan