Kecamatan Posigadan dan Tomini Dilanda Bencana Banjir dan Tanah Longsor

by -176 views

LS,BOLSEL– Sekitar Pukul 01:44 Wita Minggu Dini Hari, 16 Desa di Kecamatan Posigadan dan Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dilanda bencana banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Bolsel Bobby Sampe S.IK, dalam laporannya menyampaikan jumlah Desa dan kondisi terkini di wilayah Kecamatan Posigadan dan Tomini yang menjadi lokasi terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Banjir akibat luapan air sungai yang melanda 16 desa di Kecamatan Posigadan dan beberapa desa di Kecamatan Tomini, Minggu (07/07/2024) dini hari, telah menggenangi rumah warga dan beberapa titik ruas jalan, dan dibeberapa titik juga terjadi longsor bahkan hampir menutupi ruas jalan di wilayah tersebut, kami belum bisa melakukan pendataan secara detail, sebab hingga kini cuaca ekstrim disertai intensitas curah hujan yang tinggi, dimana saat ini jaringan seluller dan listrik masih padam, namun kami terus memantau situasi dan kondisi dilokasi terdampak banjir dan longsor,”ujar Bobby Sampe.

Lanjut diimbaunya kepada Sangadi, Aparat Desa dan masyarakat untuk waspada, dan segera mengungsi ketempat yang lebih aman, ketika potensi ancaman bencana meningkat.

“Kami sudah menghimbau kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Posigadan agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman, ketika potensi ancaman bencana meningkat,”jelas Kalak BPBD Bolsel ini.

Berikut Daftar Nama Desa Terdampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor
1. Desa Lion
2. Desa Saibuah
3. Desa Tonala
4. Desa Meyambanga
5. Desa Meyambanga Timur
6. Desa Momalia I
7. Desa Momalia II
8. Desa Momalia III
9. Desa Iloheluma
10. Desa Pilolahunga
11. Desa Luwoo
12. Desa Inosota
13. Desa Sakti
14. Desa Sinombayuga
15. Desa Manggadaa
16. Desa Molosipat

 

Aspriadi Paputungan