Universitas Dumoga Kotamobagu Masuk Top 5 Universitas Terbaik se-SulutGo Versi EduRank 2024

by -1 views
  1. KOTAMOBAGU— Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) sebagai salah satu Perguruan Tinggi kebanggaan masyarakat Bolaang Mongondow Raya, masuk Top 5 Universitas Terbaik se-SulutGo versi EduRank 2024.

Pembenahan yang dilakukan pihak Universitas Dumoga Kotambagu (UDK) untuk menjadi perguruan tinggi yang bisa diperhitungkan, baik tingkat regional, nasional maupun internasional, kini mulai membuahkan hasil.

UDK tampil dan membuktikan diri sebagai perguruan tinggi berkualitas dengan meraih berbagai prestasi, dan Tahun ini, UDK masuk top 5 universitas terbaik se Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) dan Ternate, dalam Pemeringkatan EduRank 2024.

Peringkat pertama diraih Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), kedua Universitas Negeri Manado (Unima), Ketiga Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Menyusul Tiga univesitas negeri papan atas ini, UDK meraih peringkat ke-4 dan peringkat ke-5 diduduki Universitas Klabat (Unklab).

Untuk pemeringkatan perguruan tinggi swasta (PTS), kampus yang dipimpin Dr Ir Agus Supandi Soegoto SE MSi ini, meraih peringkat 1 dari 47 PTS di Sulawesi Utara (Sulut), versi EduRank.

Untuk tingkat nasional, dikutip dari laman EduRank.org, UDK yang bersaing dengan 562 kampus di Indonesia, mendapat peringkat 215. Tingkat Asia peringkat 3658 dari 5830 kampus, sedangkat tingkat dunia, UDK berada diposisi 9248 dari 14.131 kampus. Hasil ini dirilis EduRank, 29 Februari 2024 lalu.

Rektor UDK Dr Ir Agus Supandi Soegoto SE Msi mengatakan, hasil tersebut merupakan buah kerja keras seluruh Civitas Akademika UDK.

“Terima kasih pada seluruh Civitas Akademika UDK yang telah bekerja keras, dan kerja cerdas untuk memberikan hasil terbaik bagi bumi Totabuan. Ini telah menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi,” ujar Agus Supandi Soegoto.

“Insya Allah kedepannya Kualitas UDK semakin baik, prestasi mahasiswa secara akademik terus meningkat,”jelasnya.

Ia juga berterimakasih kepada masyarakat dan pemerintah daerah di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Terima kasih Pemerintah Kota Komobagu, Pemkab Bolmong, Pemkab Bolsel, Pemkab Boltim dan Pemkab Bolmut yang terus memberikan dukungan sehingga UDK bisa meraih prestasi terbaik ini,” ucap Agus Supandi Soegoto.

“Semoga capaian ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat BMR untuk menjadikan UDK sebagai kampus pilihan untuk kuliah,” tukasnya.

Sekadar diketahui, EduRank merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang berbasis di Amerika. Perangkingan yang dilakukan berdasarkan hasil penelitian, keunggulan non-akademik, dan pengaruh atau popularitas alumni.

Pemeringkatan ditentukan dengan menganalisis 1,71 juta kutipan yang diterima dari 996 ribu publikasi akademik yang dibuat oleh 562 universitas di Indonesia, popularitas 700 alumni yang diakui, dan database referensi terbesar yang tersedia. (*)