Diskominfo Bolsel Sosialisasikan Peran PPID dan Penggunaan Aplikasi Pinahangi

by -11 views

LS,BOLSEL– Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sosialisasikan peran PPID dan Penggunaan Aplikasi Layanan Humas dan Digitalisasi Informasi (PINAHANGI).

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Kantor Diskominfo, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis 9 November 2023 dihadiri langsung Kepala Dinas Kominfo Bolsel Aldy Gobel,SE, Para Jurnalis Bolsel, dan Aparatur Sipil Negara di Instansi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kapala Dinas Kominfo Bolsel mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penjabaran Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kegiatan ini merupakan salah satu penjabaran dari Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana telah diamanatkan bahwa setiap badan publik pemerintah harus membentuk struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), untuk mengelola informasi publik,” ujar Aldi Gobel.

Lanjut dijelaskannya bahwa kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk mensosialisasikan penggunaan Aplikasi Layanan Humas dan Digitalisasi Informasi (PINAHANGI).

“Aplikasi ini dikembangkan Diskominfo Bolsel untuk menunjang kinerja PPID dalam mengelola informasi, terkait Program Kerja dan Kebijakan-kebijakan strategis Pemerintah Daerah, yang tujuannya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah,” jelas Aldy Gobel dihadapan para jurnalis.

Sosialisasi PPID dan Aplikasi PINAHANGI dari Diskominfo Bolsel adalah sebagai informasi, dan aplikasi PINAHANGI saat ini telah diajukan sebagai Proyek Perubahan dari Kadis Kominfo Aldy Gobel, dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXVI Tahun 2023.

“Terima kasih kepada teman-teman jurnalis yang sudah hadir. Semoga melalui kegiatan ini akan didapatkan pemahaman yang lebih komprehensif terkait PPID dan aplikasi PINAHANGI,” tutup Aldy.

 

 

Aspriadi Paputungan