Wabup Buka Resmi Bimtek Penatausahaan dan Pengelolaan Dana BOSP dan Pendampingan Pemutakhiran Dapodik Jenjang SD/SMP se-Bolsel Tahun 2023

by -178 views

ADVERTORIAL– Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid buka resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penatausahaan dan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pendidikan dan Pendampingan Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Jenjang SD dan SMP se-Bolsel Tahun 2023.

Saat membuka kegiatan Bimtek yang digelar di Hotel The Sentra Manado, Jumat (14/07/2023) hari ini, Wakil Bupati menyampaikan bahwa kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menghadirkan transformasi kebijakan terkait perubahan BOSP, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Bolsel.

“Kebijakan Kemendikbudristek dengan menyalurkan dana BOSP diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, ini bukan anggaran yang sedikit, dimana untuk tahun 2023 ini satuan pendidikan di Bolsel Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik khusus BOSP sebesar Rp 12.454.620.000,- yang terbagi atas BOSP untuk PAUD sebesar Rp. 1.489.860.000, dan untuk SD dan SMP sebesar Rp. 10.415.530.000,- serta SKB dan PKBM sebesar Rp. 549.230.000,-,”jelas Wabup Deddy Abdul Hamid.

Lanjut Wabup Deddy Abdul Hamid juga memotivasi para guru dan peserta Bimtek Penatausahaan dan Pengelolaan Dana BOSP dan Pendampingan Pemutakhiran Dapodik Jenjang SD/SMP se-Bolsel Tahun 2023.

“Para Guru adalah Garda terdepan dalam dunia pendidikan, untuk itu diharapkan para guru bekerja ikhlas, dan profesional dalam menjalankan tugasnya, terutama kepada peserta didik,”ujar Wabup dihadapan para peserta Bimtek.

Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Bolsel menyampaikan tentang seleksi program guru penggerak wajib diikuti para guru yang telah memenuhi syarat.

“Kedepan diharapkan jumlah guru penggerak di Bolsel akan lebih meningkat, untuk itu kepada para guru yang telah memenuhi syarat, wajib mengikuti seleksi guru penggerak, dan untuk para Kepala Sekolah agar proaktif dengan pihak Inspektorat Daerah dan BPK-RI jika ada temuan-temuan pada penggunaan Dana BOSP, segera lakukan koordinasi dengan pihak terkait, kami berharap pengelolaan dana BOSP tahun ini berjalan dengan lancar dan bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel”, tutup wabup

Kegiatan Bimtek ini diikuti 270 peserta orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara dan Operator, dan dihadiri  Asisten III Setda Bolsel Rikson Paputungan,S.Pd.,M.Pd, Pimpinan OPD, Tim BOSP, Camat, Kepala Sekolah, Bendahara Pengelola Keuangan dan Operator SD/SMP se-Bolsel.

 

Aspriadi Paputungan