Pemkab Bolsel Akan Kaji Usulan Masyarakat Pada Musrenbang

by -40 views

LS,BOLSEL– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan melakukan kajian atas semua usulan-usulan masyarakat yang disampaikan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Hal ini dijelaskan langsung Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy S.STP.M.AP, saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2024 yang digelar di Aula Kantor Bappelitbangda Bolsel Kompleks Perkantoran Panango, Rabu (08/03/2023) hari ini.

“Pemerintah Daerah melalui Bappelitbangda melaksanakan kegiatan Forum Perangkat Daerah, dalam rangka penyusunan RKPD Bolsel tahun 2024, ini tentunya salah satu tahapan penting dalam rangka mencapai kesepahaman para perangkat dan seluruh stakeholder terhadap usulan masyarakat melalui Musrenbang Kecamatan yang akan masuk pada Renja Tahun 2023, dimana Pemerintah Daerah akan melakukan kajian atas usulan-usulan masyarakat berdasarkan aspek prioritas, urgenitas dan kelayakan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah,”jelas Panglima ASN Bolsel ini.

Lanjut dijelaskannya bahwa terkait perencanaan pembangunan, wajib berbasis pada penerapan SPM.

“Perencanaan pembangunan wajib berbasis SPM dan melakukan evaluasi secara berkala terhadap penerapan SPM tersebut,”ungkap Sekda Marzanzius Arvan Ohy.

Pada kegiatan Forum Perangkat Daerah, Kepala Bappelitbangda Bolsel Kadek Wijayanto,SH,MH menjelaskan bahwa Pemkab Bolsel telah menerapkan tema pembangunan daerah dan program prioritas.

“Tema Pembangunan yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pemerataan pembangunan yang berkelanjutan dengan total 6 program prioritas yang diantaranya percepatan penanggulangan kemiskinan, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia bahwa pada tahun 2024 angka kemiskinan ekstrim di Indonesia harus berada di angka 0 persen, sehingga pemerintah daerah harus terus meningkatkan kinerja dan kolaborasi demi menurunkan angka kemiskinan di Bolaang Mongondow Selatan”ujar Kadek Wijayanto.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah dilaksanakan selama 2 hari dengan metode Desk per OPD, yang dibagi dalam 3 kelompok sesuai pembagian bidang mitra yang ada di Bappelitbangda.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten II Setda Bolsel Bidang Perekonomian dan Pembangunan Muh.Suja Alamri S.Pd, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan seluruh perencana di semua OPD.

 

Aspriadi Paputungan