Pemkab Bolsel Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Kecamatan Pinolosian

by -77 views

LS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Kecamatan Pinolosian.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Pinolosian, Jumat (20/01/2023) hari ini dihadiri Bupati H.Iskandar Kamaru,S.Pt.M.Si yang diwakili Asisten II Setda Bolsel Bidang Perekonomian dan Pembangunan Moh.Suja Alamri,S.Pd.

Musrenbang RKPD Bolsel Tahun 2024, diawali dengan Laporan Kegiatan oleh Camat Pinolosian Surandi Otuh,S.IP, kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Kegiatan Musrenbang RKPD Bolsel Tahun 2024 di Kecamatan Pinolosian oleh Sangadi,BPD, Tokoh Masyarakat, Pimpinan OPD, dan Asisten II Setda Bolsel Bidang Perekonomian dan Pembangunan Moh.Suja Alamri S.Pd.

Dalam sambutan Bupati Bolsel yang disampaikan Asisten II Setda Bolsel mengatakan bahwa, pemerintah daerah terus berupa menampung dan mengakomodir saran dari setiap desa, namun faktor keterbatasan anggaran sehingga kami dalam memutuskan saran mana yang akan ditindaklanjuti tentu berdasarkan mana yang sifatnya sangat penting dan prioritas.

Untuk realisasi usulan-usulan, tentunya dilihat dari program mana yang menjadi skala prioritas, dan pemerintah daerah dibawah Kepemimpinan Bupati H.Iskandar Kamaru S.Pt.M.Si dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, sudah banyak melaksanakan berbagai program pembangunan, baik dalam hal program pembangunan infrastruktur, jaminan perlindungan kesehatan dan keselamatan melalui program BPJS, Beasiswa bagi pelajar, bantuan untuk pelaku UKM, dan meminta kepada para Sangadi agar melakukan verifikasi dan validasi kembali terkait data miskin dimasing-masing desa, terlebih terkait pemberian bantuan, penerima data su dah harus jelas  by name by adress,” tegas Asisten II dihadapan peserta Musrenbang.

Tahun 2024 mendatang terdapat 6 program prioritas yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah yaitu Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ekonomi dan Infrastruktur Sosial, Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Kualitas Lingkungan serta Mitigasi Bencana, Peningkatan Daya Saing UMKM dan Koperasi, Pemantapan Tata Kelola Pemerintahan dan Ketertiban dan Keamanan ,Stabilitas Politik Daerah yang Terjamin.

Meskipun demikian, pemerintah daerah mengakui masih banyak juga yang belum terealisasi karena keterbatasan anggaran, namun Pemda akan terus berupaya mengakomodir usulan-usulan tersebut di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Kadek Wijayanto, SH.MH menyampaikan bahwa 146 prioritas program yang diusulkan di Kecamatan Pinolosian, tentunya sudah tertuang pada RKPDes yang dihasilkan pada Musrenbang tingkat Desa.

“Untuk Kecamatan Pinolosian ada 146 wisata yang akan direalisasikan pada tahun 2024 mendatang, dan ditahun 2023 ini, program yang akan masuk di Kecamatan Pinolosian sebesar Rp.23 Miliar,”ungkap Kadek.

Pada sesi tanya jawab, Ketua DPRD Ir.Arifin Olii menanggapi masukan dan saran dari para Sangadi, BPD, dan Tokoh Masyarakat Desa yang ada di Kecamatan Pinolosian.

Untuk RKPD Bolsel tahun 2024 mendatang, Kecamatan Pinolosian memiliki 146 kunjungan, kemudian Pinolosian Tengah 48 saran dan Pinolosian Timur 45 undangan, ini juga akan dimasukkan pada Pokok-pokok Pikiran DPRD dan dibahas pada reses DPRD bulan Februari mendatang, kami sebagai wakil rakyat tentunya akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Provinsi dan Pusat untuk mengawal program seruan masyarakat agar dapat terakomodir,” tutup Politisi PDI Perjuangan ini.

Kegiatan Musrenbang RKPD Bolsel Tahun 2024 di Kecamatan Pinolosian dihadiri langsung Ketua DPRD Ir.Arifin Olii, Anggota DPRD Hanira Paputungan, Anggota DPRD Petrus Keni, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Kapolsek Pinolosian IPTU Edy Haryanto,SE,MM, Danramil 1303/06 Pinolosian, Peltu Irwan Syarifuddin, Staf Khusus,Staf Ahli Bupati, Camat Pinolosian, Sangadi,BPD,Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Pinolosian.

 

Aspriadi Paputungan