Pemkab Bolsel Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024

by -67 views

LS,BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Futsal Kompleks Perkantoran Panango, Senin (09/01/2023) dibuka secara resmi Bupati Bolsel H.Iskandar Kamaru S.Pt,M.Si yang diwakili Asisten II Setda Bolsel Bidang Perekonomian dan Pembangunan Moh.Suja Alamri S. Pd.

Acara Konsultasi Publik bersama Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Elvira Katuuk,ST,ME yang digelar secara virtual, juga dihadiri Kapolres Bolsel yang diwakili, Danpos TNI AL Recky Rambing, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolmong Mayor (Inf) Burhan, Kepala Kementerian Agama Bolsel,p Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki MM Lutffi S.Ag, Kepala Badan Pusat Statistik Bolmong Janny E. Mailangkay, Pimpinan BSG Cabang Molibagu yang diwakili Maikel Tangoy, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Staf Ahli, Staf Khusus, Tokoh Masyarakat, Pimpinan BUMN,BUMD se-Bolsel.

Kegiatan yang dimuat dengan Laporan Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024 oleh Kepala Bappelitbangda Bolsel Kadek Wijayanto SH,MH.

Saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik, Asisten II Setda Bolsel Moh.Suja Alamri menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

“Kegiatan ini merupakan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), sesuai Pasal 80 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dimana melalui Forum Konsultasi Publik ini akan dapat menjaring aspirasi dari peserta Forum sehingga nanti, berdasarkan saran dan masukan pada Forum Ranwal RKPD tahun 2024, dapat diketahui apa yang menjadi prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024 mendatang, yang sudah dirumuskan, dan dituangkan dalam Berita Acara,sebagai bahan perbaikan dalam penyusunan Rancangan RKPD dan Rancangan Renja Organisasi Perangkat Daerah Bolsel,”ujar Suja Alamri.

Lanjut disampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik ini merupakan tahapan penting sebelum pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten di Tingkat Kecamatan, Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten,”jelas Asisten II Setda Bolsel ini.

Sesuai Dokumen RPJMD 2021-2026, pada Tahun 2024 mendatang, tema pembangunan daerah adalah Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Pemerataan Pembangunan yang Berkelanjutan, dengan 6 Prioritas Pembangunan meliputi, Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ekonomi dan Infrastruktur Sosial, Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Kualitas Lingkungan serta Mitigasi Bencana, Peningkatan Daya Saing UMKM dan Koperasi, Pemantapan Tata Kelola , Pemerintahan Dan Ketertiban dan Keamanan, serta Stabilitas Politik Daerah yang Terjamin.

 

Aspriadi Paputungan