Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Penyusunan RPJMDes dan Pelaksanaan Adat Mongondow

by -13 views

ADVERTORIAL- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Tahun 2022 bagi 38 Desa hasil Pilsang Serentak  dan Pelaksanaan Adat Mongondow bagi Lembaga Adat.

Kegiatan yang digelar di Hotel Aston Manado sejak Senin (22/08/2022) hingga Rabu (24/08/22) dibuka resmi Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid dan didampingi Asisten I Setda Bolsel Drs. Alsyafri Kadullah, ME, Kepala Dinas PMD Ramli Abdul Majid S.Pd, Kepala Bappelitbangda Bolsel Harifin Matulu,S.Pd.M.AP, Camat, Sangadi, Tim Penyusun RPJMDes 38 Desa yang baru dilantik, serta Lembaga Adat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bolsel memberikan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atas inisiatifnya melaksanaan Bimtek Penyusunan RPJMDes dan Pelaksanaan Adat  Mongondow bagi Lembaga Adat.

“Apresiasi untuk Dinas PMD yang telah menggelar kegiatan Bimtek Penyusunan RPJMDes, karena perencanaan desa perlu diselaraskan dengan perencanaan dan arah pembangunan kabupaten, sehingga kedepan  sistem perencanaan di desa akan lebih baik lagi,  sebagaimana amanat pasal 79 ayat 1 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, selain itu, ada juga ketentuan lainnya yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, Permendes Nomor 17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,”jelas Deddy Abdul Hamid.

Wabup juga menegaskan kepada para peserta Bimtek agar jangan mengabaikan perencanaan pembangunan.

“Perlu diingat bahwa jangan pernah mengabaikan perencanaan, karena salah dalam merencanakan, berarti Bapak/Ibu Sangadi sedang merencanakan kegagalan, dimana perencanaan adalah pintu masuk, jika salah merencanakan, maka akan salah melaksanakan  maka salah juga hasilnya, termasuk output dan outcome juga salah,”tegas Deddy Abdul Hamid.

Pada kesempatan itu juga, Wabup Deddy Abdul Hamid juga menegaskan bahwa terkait pelaksanaan adat saat ini didominasi orang-oramg tua dan perlu adanya regenerasi.

“Melalui kegiatan pelaksanaan adat di Bolsel, kedepan perlu ada regenerasi atau keterlibatan generasi muda, dan diminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mengimplementasikan materi yang diperoleh,”ungkap Wakil Bupati.

Narasumber pada kegiatan Bimtek Penyusunan RPJMDes yaitu Kepala Bappelitbangda Harifin Matulu,S.Pd.M.AP, Kepala Dinas PMD Ramli Abdul Majid,S.Pd, Eus Daud,SH (Bappelitbangda), Evi Astuti Gobel,SH (Bagian Hukum)

Sedangkan Narasumber pada kegiatan Pelaksanaan Adat Mongondow yaitu  Budayawan sekaligus Tokoh Adat Mongondow Khairun Mokoginta, Kepala Dinas PMD Bolsel Ramli Abdul Majid,S.Pd, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas PMD Bolsel Rahmad Buludawa.

 

Aspriadi Paputungan