Dinsos Bolsel Maksimalkan Program Pemberdayaan Untuk Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

by -36 views

LS,BOLSEL– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Sosial terus maksimalkan program pemberdayaan untuk masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Hal ini dijelaskan langsung Kepala Dinas Sosial Saipul Botutihe,SKM, saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (12/08/2022) hari ini.

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dibawah Kepemimpinan Bupati H.Iskandar Kamaru,S.Pt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, terus berupaya menurunkan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial, melalui berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga, dimana sesuai data Dinas Sosial saat ini, sekitar 35.480 jiwa di Bolsel sudah tercover sebagai peserta BPJS atau penerima bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional, selain itu, sejak tahun 2019 hingga 2022, pemerintah terus menyalurkan bantuan untuk pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), ini tentunya merupakan wujud perhatian dari Pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat, dimana anggarannya bersumber dari APBN dan APBD Bolsel, dengan total kurang lebih Rp 1,3 miliar,”jelas Saipul.

Dijelaskannya juga terkait program penanganan masalah sosial anak nakal dan anak terlantar, serta para Lansia di Bolsel.

“Untuk penanganan masalah sosial anak nakal dan terlantar di daerah ini, Dinas sosial telah melaksanakan kursus mengemudi dan pembeian Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis melalui APBD Bolsel tahun 2022, dan ditahun ini juga para penyandang Disabilitas dan Lansia di 7 Kecamatan akan menerima Bantuan Tunai,”ungkap Botutihe.

Aspriadi Paputungan