Bupati Bolsel Uraikan Pertumbuhan Ekonomi Naik 3,74 Persen

by -11 views

LS,BOLSEL– Bupati Bolsel H.Iskanadar Kamaru S,Pt uraikan pertumbuhan ekonomi naik 3,74 persen.

Hal ini dijelaskan orang nomor satu di Bolsel ini, saat menghadiri Sidang Paripurna Tahap I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang digelar di Gedung DPRD, Kawasan Perkantoran Panango, Kec. Bolaang Uki, Rabu (06/07/2022).

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Bolsel tahun 2021 naik sebesar 3,74 persen, mengingat pasca pandemi Covid-19, perekonomian sudah mulai pulih, selain itu didorong adanya beberapa lapangan usaha, salah satunya lapangan usaha konstruksi yang tumbuh 8,16 persen di tahun 2021, akan tetapi lapangan usaha di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan masih menjadi sektor dengan kontribusi terbesar, dengan pertumbuhan 1,87 persen, dan kontribusi sebesar 38,14% pada PDRB atas dasar harga berlaku tahun 2021,”jelas Iskandar Kamaru.

Lanjut disampaikan Bupati, bahwa dalam rangka melanjutkan pemulihan ekonomi di tahun 2023, Pemerintah Daerah Bolsel telah menyiapkan kebijakan strategis dan program lainnya.

“Beberapa kebijakan strategis berikut pemerintah diantaranya peningkatan lapangan usaha melalui program pengembangan UMKM, peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan, peningkatan belanja pemerintah daerah di bidang konstruksi/ infrastruktur dasar saran dan prasarana publik, penyediaan lapangan kerja, pemberian bantuan sosial, selain itu dalam rangka penguatan dan pemulihan ekonomi, beberapa program yang akan dilakukan Pemerintah Daerah yaitu Program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, Program pengembangan UMKM, Program pengembangan iklim penanaman modal, Program peningkatan daya tarik destinasi pariwisata, serta Program peningkatan infrastruktur ekonomi masyarakat,”ungkap Bupati Iskandar Kamaru.

Sidang Paripurna tersebut dihadiri Turut Pimpinan dan Anggota DPRD Bolsel, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy S STP, MnAP, Para Asisten Sekretariat Daerah Staf Ahli, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, jajaran ASN di lingkungan Pemkab Bolsel.

 

Aspriadi Paputungan