Bupati Bolsel Ajak Semua Pihak Bersinergi Percepat Penurunan Stunting 

by -18 views

LS,BOLSEL– Bupati Bolaang Mongondow Selatan H.Iskandar Kamaru S.Pt ajak semua pihak bersinergi dalam upaya percepatan penurunan Stunting.

Hal ini disampaikan Bupati Bolsel saat membuka resmi kegiatan Rembuk Stunting yang digelar di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Kamis (30/06/2022) hari ini.

“Melalui kegiatan Rembuk Stunting ini Pemerinrah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam upaya percepatan penurunan Stunting di daerah ini, dimana kegiatan ini adalah rangkaian aksi konvergensi Stunting ke-3 dalam upaya percepatan penurunan risiko Stunting,”jelas Kamaru.Lanjut diungkapkan orang nomor satu di Bolsel ini bahwa pelaksanaan intervensi percepatan penurunan stunting merupakan program pemerintah pusat yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten/Kota.

“Intervensi percepatan penurunan Stunting merupakan program dari pemerintah pusat yang bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten/Kota, sebagai upaya mencegah terjadinya kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh faktor multi dimensi yang terjadi di masyarakat, disisi lain Pemkab Bolsel telah berkomitmen untuk memutus mata rantai siklus kemiskinan gizi dan kekerdilan di daerah ini, dengan mensosialisasikan Perbup Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa Dalam Pencegahan Stunting, dimana pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari 8 aksi konvergensi penurunan stunting di Bolsel,”ungkap Bupati H.Iskandar Kamaru.

Bupati H.Iskandar Kamaru,S.Pt juga menghimbau kepada seluruh OPD terkait agar fokus dan cermat dalam melaksanakan program sebagai bentuk dukungan intervensi percepatan penurunan resiko dan prevalensi stunting, utamanya di wilayah lokus dan seluruh desa pada umumnya.

“Organisasi Perangkat Daerah terkait juga diminta fokus dan cermat dalam mendukung program ini, terutama diwilayah Lokus, dan diharapkan kepada seluruh Sangadi, agar program ini ditatabpada APBDes sehingga terwujud generasi baru yang sehat, cerdas, kompetitif serta berkualitas baik dari segi fisik maupun mental,” ujar Kamaru.

Pada kegiatan Rembuk Stunting, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan bersama Pimpinan OPD Lintas Sektor terkait, serta Stakeholders menandatangani dan komitmen bersama percepatan penurunan Stunting di Bolsel tahun 2022.

Kegiatan itu turut dihadiri unsur Forkopimda Bolsel, Sekda Marzansiuz Arvan Ohy S.STP, M.AP, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Sangadi, Stakeholders, Narasumber dan para undangan.

 

 

Aspriadi Paputungan