Ketua DPRD Pimpin Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Bolsel Tahun Anggaran 2021

by -3 views

ADVERTORIAL,- Ketua DPRD Bolsel pimpin Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Bolsel Tahun Anggaran 2021, Selasa (07/06/2022) hari ini.

Saat memimpin jalannya Rapat Paripurna di gedung DPRD, Ketua DPRD Ir Arifin Olii didampingi Wakil Ketua Salman Mokoagow, dimana Rapat Paripurna juga dihadiri langsung Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Anggota DPRD, Para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, dan Aparatur Sipil Negara dilingkup Pemkab Bolsel.

“Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atas penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, dimana ini merupakan kewajiban dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan amanat PP No. 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang berpedoman pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,”ujar Arifin Olii.

Sementara itu, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menyampaikan bahwa pertanggungjawaban APBD ini merupakan penutup dari rangkaian siklus pengelolaan keuangan daerah.

“Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD ini merupakan penutup dari rangkaian siklus pengelolaan keuangan daerah tahun Anggaran 2021, dimana hal ini juga dapat dijadikan sebagai instrumen oleh para stakeholder untuk melakukan evaluasi dan menentukan arah kebijakan pembangunan ke depan, secara ringkas, Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2021 terealisasi sebesar Rp. 618,5 miliar atau 102,8% dari target Rp. 601,2 miliar, kemudian Belanja Daerah sebesar Rp. 565,5 miliar atau 89,6% dari total anggaran Rp. 630,8 miliar, sedangkan, jumlah SILPA sebesar Rp. 82,5 miliar dan nantinya akan diproyeksikan pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022,”jelas Deddy Abdul Hamid.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran DPRD, Organisasi Perangkat Daerah serta masyarakat atas capaian opini WTP yang diraih Pemkab Bolsel untuk kedelapan kalinya.

“Terima kasih dan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik DPRD, OPD, dan masyarakat Bolsel karena berkat kerja keras dan komitmen bersama sehingga Pemkab Bolsel kembali meraih Opini WTP untuk yg ke-8 kalinya berturut-turut pada tahun ini, kedepan mari kita tingkatkan lagi kinerja, sehingga cita-cita kita dalam mewujudkan Kab. Bolsel sebagai daerah yg bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan berkepribadian dengan semangat gotong royong berdasarkan Pancasila dapat tercapai,” tutup Wakil Bupati Bolsel.

 

Aspriadi Paputungan