Badan Kesbangpol Bolsel Gelar Rakor Pengawasan Ormas

by -45 views

LS,BOLSEL– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan gelar Rapat Koordinasi pengawasan Organisasi Masyarakat Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar diruang rapat Kantor Kesbangpol Gedung DPRD Bolsel, Senin (06/06/2022) hari ini, dibuka resmi Kepala Badan Kesbangpol Syukri F.V Gobel SP.MM dan dihadiri sekitar 50 peserta.

Saat membuka Rapat Koordinasi tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Syukri F.V Gobel SP.MM menyampaikan tujuan digelarnya kegiatan itu.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka memonitor perkembangan ormas yang ada di wilayah Bolsel, sebagai dasar Badan Kesbangpol untuk membuat laporan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Utara melalui, dimana hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2017 tentang pengawasan organisasi kemasyarakatan di lingkup kementerian dalam negeri pada pasal 17 ayat (2) Bupati/Walikota melaporkan hasil pengawasan di Kabupaten/Kota kepada Gubernur melalui Badan kesbangpol,”jelas Syukri dalam sambutannya.

Dijelaskannya juga bahwa berdasarkan data yang ada, sejauh ini di daerah Bolsel belum ada kegiatan ormas terlarang atau bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Alhamdulillah hingga kini di daerah kita belum ada kegiatan dari ormas-ormas terlarang atau bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, meskipun demikian koordinasi yang intensif antara Badan Kesbangpol dan Ormas-ormas yang ada di Bolsel sangat perlu dalam rangka deteksi dini dan cegah dini,”tutur Gobel.

Sementara itu , Ratna Palakum SE, selaku Kepala Seksi Ormas Badan Kesbangpol Bolsel, dalam materi yang disampaikannya menjelaskan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

“Ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan hibah dari Pemda Bolsel, diantaranya kelengkapan pendirian gedung untuk rumah ibadah, selain itu jumlah Ormas penerima bantuan hibah tahun ini sebanyak 4 Ormas, dan untuk ormas yang belum memasukkan berkas pencairan bantuan, diharapkan agar segera memasukkan berkas kelengkapannya,”ujar Ratna.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Drs. Ramin Pulumoduyo, Ketua Majelis Ulama Indonesia Bolsel Hi. Drs. Mohamad Pakaya, Ketua Yayasan Alhidayah Duminanga Drs. Sunardi Kadullah, serta Para perwakilan Ormas/Yayasan/OKP/OKPi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

 

Aspriadi Paputungan