48 Tahun Abdikan Diri, Sangadi Pinolantungan Tutup Usia

by -144 views

LS,BOLSEL– Kurang lebih 48 tahun mengabdikan dirinya kepada masyarakat, Sangadi Pinolantungan Kecamatan Bolaang Uki Adjimat Mokoginta tutup usia dalam usia 67 tahun.

Meninggalnya Almarhum pada hari Minggu (15/05/2022) kemarin, sekitar pukul 15:40 Wita, meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat,dan masyarakat Desa tersebut, dimana beliau juga saat ini masih menjabat sebagai Sangadi Pinolantungan dan akan mengakhiri masa jabatannya hingga Juni 2022 mendatang.

Bupati Hi.Iskandar Kamaru S Pt saat melepas Almarhum untuk dimakamkan menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Sangadi Pinolantungan.

“Atas nama pribadi, keluarga, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mengucapkan turut berdukacita atas meninggalnya orang tua, sahabat, pemimpin masyarakat Desa Pinolantungan,”ungkap Kamaru.

Lanjut disampaikan orang nomor satu di Bolsel ini, atas nama pemerintah dan masyarakat juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Almarhum.

“Terima kasih atas jasa-jasa dan pengabdian Almarhum Adjimat Mokoginta, semoga amal ibadahnya diterima Allah Subhanawataala, diampuni semua kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dan untuk keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran,”ujar Kamaru

Azmal Mokoginta, Putra Sulung Almarhum saat ditemui di rumah duka mengatakan bahwa sebelum meninggal, almarhum memang dalam keadaan sakit dan sempat dirawat di Rumah Sakit Kota Kotamobagu.

“Kesehatan Almarhum akhir-akhir ini memang relatif tidak begitu stabil, dan kami pihak keluarga sudah berusaha untuk kesembuhan almarhum, bahkan sempat mendapatkan perawatan medis dan dirawat di RSUD Kota Kotamobagu hingga Sabtu (14/05/2022) lalu,”jelas Azmal.

Menurut keterangan Azmal Mokoginta, bahwa saat masih di Rumah Sakit, sebelum beliau meminta untuk dipulangkan, Almarhum sempat menyampaikan sebuah pesan.

“Almarhum sempat berpesan jika nanti dirinya akan meninggal, beliau ingin berada ditengah-tengah anak,Istri, cucu,cece, keluarga, dan masyarakat Pinolantungan,”tutur Azmal Mokoginta.

Semasa hidupnya, Almarhum Adjimat Mokoginta telah mengabdikan dirinya sejak tahun 1974 hingga tahun 2022, dimana saat itu Desa Pinolantungan masih menjadi wilayah Pendukuhan (Bolaang Mongondow belum dimekarkan) hingga menjadi Desa Definitif di Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Prosesi pelepasan jenazah Almarhum untuk dimakamkan, Senin (16/05/2022) hari ini, dihadiri langsung Bupati Bolsel Hi.Iskandar Kamaru S.Pt, Anggota DPRD Bolsel, Staf Khusus Bupati, Para Asisten, sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Sangadi, Tokoh Masyarakat, Aparat Desa, Mantan-mantan Sangadi, serta pelayat duka.

 

Profil Almarhum Adjimat Mokoginta

 

Nama Lengkap : Adjimat Mokoginta

Lahir : Pontodon, 06 Mei 1954

Istri : Salma Akase

Anak : 4 Orang, Azmal Mokoginta, Marwan Mokoginta, Delvi Mokoginta, Rivaldi Mokoginta

Cucu : 12 Orang

Cece : 2 Orang

Riwayat Pekerjaan

– Guru SD Kelas Jauh (1974)

– Ketua Pemuda Desa Salongo (1976-1986)

– Kepala Dusun III Desa Salongo (1986-1993)

– Kepala Dusun III Desa Salongo ( 2004-2007)

– Ketua Tim Pemekaran Desa Pinolantungan (2006-2008)

– BPD Desa Pinolantungan (2007-2008)

– Ketua LPM Desa Pinolantungan (2008-2011

– Plh. Sangadi Pinolantungan (2014-2015)

– Sangadi Definitif Desa Pinolantungan (2016-2022)

 

 

Aspriadi Paputungan