Kapolda Sulut Resmikan Mako Polres 3 Daerah di Bolmong Raya

by -33 views

LS,BOLSEL- Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno, SH,MM resmikan 3 Mako Polres diwilayah Bolaang Mongondow Raya, Senin (18/04/2022).

Prosesi peresmian Mako Polres Bolsel, Polres Bolmut, dan Polres Bolmong diawali dengan penyambutan dengan tarian Mopotiro yang merupakan tarian adat Suku Bolango dari Sanggar Tari Peredam.

Bupati Bolsel Hi.Iskandar Kamaru S.Pt yang diwakili Asisten I Setda Bolsel Alsyafri Kadullah ME pada kesempatan itu menyambut kedatangan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno SH,MM yang didampingi Ketua Bhayangkari  Daerah Sulawesi Utara  Ny. Mila Mulyatno dan seluruh rombongan.

“Mewakili Bupati Bolsel Hi.Iskandar Kamaru,S.Pt dan jajaran Pemerintah Daerah Bolaaang Mongondow Selatan kami sampaikan Selamat Datang Kapolda Sulut  Irjen Pol Mulyatno SH,MM yang didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sulawesi Utara Ny.Mila Mulyatno dan Seluruh Rombongan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, selaku Pemerintah Daerah harapan kami sinergitas yang telah terjalin antara Pemerintah Daerah Bolsel dan Polres Bolsel agar terus berkelanjutan, selain itu dengan dibangun dan diresmikannya Mako Polres Bolsel hari ini akan dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat didaerah ini, terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban diwilayah hukum Polres Bolsel sehingga situasi selalu kondusif, kolaborasi antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan, TNI-Polri dapat meningkatkan capaian vaksinasi Covid- 19 yang hingga kini belum usai, oleh karena itu agar kita terhindar dari virus ini, diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,”jelas Alsyafri Kadullah dalam sambutan yang disampaikannya.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, SH,MM dalam sambutanyya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Utara, serta menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Almarhum Anggota DPR-RI Hi.Herson Mayulu,S.IP.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Utara yang telah banyak memberikan kontribusi kepada Jajaran Kepolisian Polda Sulawesi Utara khususnya  Polres Bolsel,Polres Bolmut, dan Polres Bolmong, selaku Kapolda Sulawesi Utara dan jajaran mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas wafatnya Anggota Komisi V DPR RI –Fraksi PDI Perjuangan Hi.Herson Mayulu S.IP , kita doakan semoga arwah beliau diterima Allah Subhanawataala dan keluarga yang di tinggalkan diberikan ketabahan,”ujar Kapolda Sulut.

Lanjut disampaikan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, SH,MM bahwa dengan adanya Mako Polres yang baru diwilayah Bolmong Raya dapat meningkatkan kinerja jajarannya.

“Diresmikannya 3 Mako Polres merupakan langkah prioritas Kapolri untuk membangun kontruksi serta meningkatkan kinerja organisasi secara bertahap dalam usaha menambah jumlah sarana dan prasarana yang diperlukan, serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, di samping itu tujuan pembangunan Mako Polres yaitu untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa Polri Mandiri dan Profesional mengutamakan kualitas dan Tertib Administrasi, dengan Mengedepankan  prinsip cepat, efisien, responsif, disiplin,  akuntabel dan sopan,  serta mewujudkan Polri yang Presisi yang mengedepankan keadilan secara konferensif,”jelas Perwira bintang dua ini.

Pada kesempatan itu, masing masing Kapolres di tiga daerah tersebut menyampaikan Laporan singkat terkait pembangunan Mako Polres.

“Mako Polres Bolsel dibangun di atas lahan seluas 7 Hektar, dimana lahan tersebut merupakan lahan yang dihibahkan oleh Pemda Bolsel dan sudah bersertifikat atas nama Polres Bolaang Mongondow Selatan, yang lokasinya terletak di Jalan Trans Sulawesi Selatan Kompleks perkantoran Panango Desa Tabilaa, Kec. Bolaang Uki, Kab. Bolsel, adapun luas bangunannya 2400 M2 yang terdiri dari 2 lantai dengan jumlah ruangan masing-masing Lantai 1 sebanyak 32 ruangan ditambah dengan 8 ruangan tahanan dan 8 toilet, Lantai 2 sebanyak 33 ruangan ditambah dengan 10 toilet (2 toilet diruangan Kapolres dan Wakapolres), jumlah anggaran pembangunan mako Polres Bolsel yaitu Rp. 19.734.383.000,00. (Sembilan Belas Miliar Tujuh Ratus Tiga Puluh Empat Juta Tiga Ratus Delapan Puluh Tiga Ribu Rupiah, untuk itu melalui kesempatan ini mewakili jajaran Polres Bolsel mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Bolaang Mongondow Selatan dan jajaran Pemerintah Daerah yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan pembangunan Mako Polres Bolsel,”ujar Kapolres Bolmong Selatan AKBP Ketut Suryana S.I.K, S.H, MM dalam laporan yang disampaikannya.

Terpisah, Kapolres Bolmong AKBP DR. Nova Irone Surentu SH, MH melalui Zoom Meeting menyampaikan laporan terkait pembangunan Mako Polres Bolmong.

“Luas lahan pembangunan Mako Polres Bolmong berjumlah 5 hektar, dimana lahan ini telah dihibahkan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Bupati Bolmong DR.Hj.Yasti Suprejo Mokoagow, dan memiliki sertifikat, jumlah anggaran pembangunan Rp. 16.024.720.000 (Enam Belas Miliar Dua Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah), untuk itu mewakili jajaran Polres Bolmong menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Pemda Bolmong untuk pembangunan Mako Polres Bolmong,”tutur Kapolres Bolmong AKBP DR. Nova Irone Surentu SH, MH.

Usai penyampaian laporan pembangunan Mako Polres Bolsel dan Bolmong, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, SH. S.I.K juga menyampaikan laporan melalui Zoom Meeting terkait pembangunan Mako Polres didaerahnya.

“Mako Polres Bolaang Mongondow Utara dibangun di Desa Buroko Kecamatan Kaidipang KabupatenBolaang Mongondow  Utara  dengan luas 2400 M2,  dengan nilai kontrak Rp15,8 Miliar yang sumber dananya berasal dari APBN 2021 yang dimulai pada dari  22 Juli 2021 tahun lalu hingga 18 Desember 2021, kemudian dilakukan perpanjangan kontrak lintas tahun sampai Januari 2022, dan dilanjutkan dengan pekerjaan pengurukan untuk Lapangan Apel Polres Bolaang Mongondow Utara dan bantuan pengaspalan dari PT. Marga, PT Dinasti  dengan Aspal Tipe Baik,”ungkap Kapolres Bolmut.

Pada acara peresmian Mako Polres tersebut, selaku Tokoh Masyarakat, Hi.Abdi van Gobel SE turut menyampaikan kata hati masyarakat Bolsel.

“Suatu kehoramatan dan kebanggan bagi kami atas kedatangan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, SH,MM bersama rombongan didaerah kami Di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, terima kasih juga untuk Kapolres Bolsel  AKBP Ketut Suryana S.I.K, S.H, MM dan jajarannya, dimana seperti yang kita ketahui bersama bahwa personil Polres Bolsel tidak henti-hentinya melakukan patroli secara rutin untuk mewujudkan rasa aman kepada masayarakat Bolsel,”ujar Abdi Gobel.

Peresmian Mako Polres Bolsel ditandai dengan penekanan tombol selubung papan nama Polres Bolsel dan penandatanagan prasasti peresmian oleh Kapolda Sulut, serta pengguntingan pita oleh Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Utara Ny.Mila Mulyatno dan pengecekan ruangan oleh

Acara Peresmian Mako Polres Bolsel yang terletak di Kawasan Panango Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Ny Mila Mulyatno, Irwasda Kombes Pol Tedjo Dwikora, Karo SDM Kombes Pol Riadi Nugroho, SIK, Karo Rena Kombes Pol Drs. Achmad Yani, Karo Log Kombes Pol Ahmad Surbana,SIK,MH, Kabid TIK Kombes Pol, Kapolres Kotamobagu AKBP Irham SIK, PS. Koorspripim Kompol Ronny Barli Ibrahim, SP, SIK, Kaur Bungkol AKP Marselus Y.Amboro,SIK, Kaur Renmin AKP Megi Samuri, Pamin Ur Bungkol Ipda Bertmi D.Oingkiriwang, Paur Mintu Ipda Irma Hataul, Kapolres Bolmong Selatan AKBP Ketut Suryana S.I.K, S.H, MM, Kapolres Bolmong AKBP DR. Nova Irone Surentu SH, MH, PJU Polres Bolmong, Sekda Bolmong Tahlis Galang.SIP.MM, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, SH. S.I.K, PJU Res Bolmut, Pemda Bolmut, Asisten II Setda Bolmut Kom Mamuaya S.Pd, Ketua Ranting Bhayangkari Res Bolsel, Asisten I Setda Bolsel Alsyafri Kadullah, ME, Wakapolres Bolsel Kompol Dadang Suhendra, Seluruh PJU Res Bolsel, Seluruh Kasat dan Kasi Res Bolsel, Seluruh Personil Res Bolsel, Bhayangkari Res Bolsel, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolmong Mayor Infantri  Burhan , Kepala Imigrasi Kotamobagu Usman S.E, M.H, Kepala Pengadilan Negri Kotamobagu Andri Supari,S.H ,M.Hum, Kepala KPPN, Kepala Jasa Raharja, Kepala BRI Unit Molibagu Abdul Rivai Sugeha, Ketua KPUD Bolsel Eskolano Kakunsi,S.Ag, Kepala Kantor Kementerian Agama Bolsel, Ketua MUI Bolsel, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Forkopimda Bolsel, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan Sangadi se-Bolsel.

 

Aspriadi Paputungan