Buka Kegiatan Coaching Clinic Penyusunan SAKIP, Bupati Tegaskan Pimpinan OPD Tindaklanjuti Rekomendasi Kemenpan-RB

by -42 views

LS,MANADO – Buka secara resmi kegiatan Coaching Clinic penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Bupati Hi.Iskandar Kamaru S,Pt tegaskan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Bolsel untuk tindak lanjut rekomendasi Kemenpan-RB.

Hal ini ditegaskan orang nomor satu di Bolsel itu, saat membuka kegiatan yang digelar di Grand Luley Resort Manado, Senin (21/03/2022) hari ini.

“Sesuai rekomendasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara -Reformasi Birokrasi, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah diminta untuk meningkatkan pemahaman AKIP. menyempurnaan sasaran strategi dan indikator kinerja pada RPJMD dan Renstra, menyempurnakan kinerja berjenjang, melakukan pemberitahuan dan pemetaan lintas sektor serta jalin koordinasi dalam mengawal program prioritas daerah, melakukan review terhadap program, kegiatan dan komponen anggaran dengan mengacu pada sasaran penyempurnaan strategi dan indikator kinerja ,”tegas Kamaru yang saat ini bersama Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid

Lanjut Bupati Iskandar Kamaru meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah Leading Sector untuk terus mengawal dan melakukan pembinaan kepada setiap OPD.

0rganisasi Perangkat Daerah SAKIP Leading Sector yang terdiri dari Bappelitbangda, Bagian Organisasi dan Inspektorat, diminta untuk terus mengawal dan melakukan pembinaan kepada setiap OPD, dan diinstruksikan kepada pimpinan OPD yang terlibat aktif dalam manajemen menyusun dokumen perencanaan, meskipun pada tahun 2020 Pemkab Bolsel telah mendapat Nilai ‘ B’ atau masuk kategori baik, namun jangan cepat puas dengan hasil itu, karena saat ini Tim dari Kementerian PAN-RB hadir untuk membagi pengetahuan terkait peningkatan SAKIP,”jelas Kamaru.

Diakhir sambutan, Bupati Iskandar Kamaru menginstruksikan kepada peserta Coaching Clinic untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik.

“Peserta ikuti Bimtek ini hingga selesai dan simak dengan cermat setiap materi yang dipaparkan oleh narasumber,” tutup Kamaru.

Turut hadir Tim dari Kementerian PAN-RB, Sekretaris Daerah Marzanzius A. Ohy S.STP, M.AP, Para Asisten Sekretariat Daerah, Pimpinan OPD beserta jajaran ASN Peserta kegiatan Coaching Clinic.

(***)