Sinergitas dan Kolaborasi Dinas Pariwisata Bolsel dan Dispar Provinsi Gorontalo dan Bone Bolango Untuk Pemgembangan Promosi Kepariwisataan

by -22 views

LS,GORONTALO – Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan jalin sinergitas dan kolaborasi dalam pengembangan promosi pariwisata bersama Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bolango, hari ini.

Dalam agenda Visitasi Sinergitas Promosi Pariwisata yang digelar Kamis (10/03/22) hari ini, Tim Pemkab Bolsel dipimpin langsung Asisten II Setda Bolsel Muh Suja Alamri, S.Pd dan Kepala Dinas Pariwisata Wahyudin Kadullah, S.IP ME, dimana  rombongan Dinas Pariwisata Bolsel sambut hangat Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango Muh Yamin Abbas.

“Terimakasih sudah menerima kunjungan kami, dan mewakili Pemkab Bolsel, kami berharap sinergitas dan kolaborasi ini, bisa lebih mempererat ikatan emosional antara Pemkab Bolsel dan Pemprov Gorontalo,” ungkap Suja Alamri saat kunjungan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Bolsel Wahyudin Kadullah S.IP, mempresentasekan terkait rencana strategis Pengembangan Promosi Kepariwisataan Bolsel.

“Kami hadir disini, karena kami yakin punya banyak item menarik yang sangat cocok dikolaborasikan dengan program pariwisata Provinsi Gorontalo, Kami bawa Underwater, Konservasi Maleo, dan upcoming national Event, Troi the 5th series, disisi lain adanya kesamaan karakter, budaya, dan  hulondalo mindset, membuat pihak Bolsel yakin Kerjasama ini akan sukses dan memberi profit yg luar biasa bagi kedua belah pihak,” jelas Yoex dalam presentasinya

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi  Gorontalo, Rifli Katili terlihat sangat terkesan dan tertarik dengan presentase via Power Point yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Bolsel.

“Luar Biasa, kami merasa senang dgn visitasi sinergitas ini. Ternyata banyak item pariwisata Bolsel yang linear dan dapat dikolaborasikan dengan program pariwisata di Provinsi Gorontalo, Konservasi Maleo dan Kawasan Mangrove-nya, pihaknya  juga berharap, implementasi MICE event² nasional, dan juga jumlah kunjungan wisatawan lokal , nasional,  serta mancanegara di Gorontalo adanya kesamaan karakter, budaya, dan  hulondalo mindset, membuat pihak Bolsel yakin Kerjasama ini akan sukses dan memberi profit yang luar biasa bagi kedua belah pihak.

Selain berbagi program dan rencana strategi pariwisata, Dispar bolsel dan Disparprov Gorontalo juga saling sharing terkait kendala-kendala yang pernah dilalui terkait pelaksanaan KEN di tahun sebelumnya. Kedua pihak berjanji akan saling menopang  memajukan sektor pariwisata, agar dapat lebih kompetitif dan diakui oleh dunia.

“Jangan lama ya, setelah Hari Raya Idul Fitri, hasil pertemuan ini akan kita lanjutkan dalam bentuk PKS atau MoU. , Bolsel memang layak didukung,” ungkap Rifli.

Usai mempresentasikan pariwisata Bolsel dihadapan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Tim Dinas Pariwisata Bolsel melanjutkan perjalanan menyambangi Dispar Bone Bolango terkait rencana partisipasi Bone Bolango dalam pelaksanaan Troi the 5th series, bulan Juli mendatang.

Bertempat di Wisata Pemandian Air Panas Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Dispar Bone Bolango menerima rombongan Dispar Bolsel.

Antusiasme Kadispar Bone Bolango Muh Yamin Abbas, terkait rencana ‘peminangan’ partisipasi dalam Troi 5th series di Bolsel.

“Kami punya Bukit Arang, yang waktu tempuhnya 15 menit perjalanan dari Kantor Bupati. Nah Bukit Arang inilah yg nantinya akan kami kolaborasikan dgn pelaksanaan Troi 5th series di Bolsel. Nanti terkait teknis pelaksanaan akan diatur bersama,” kata Yamin dalam sambutannya.

“Maju bersama, dan berkembang bersama, apalagi kami punya budaya yang sama, bersaudara, jadi harus saling mendukung, melihat peluang kerjasama promosi Wisata yg diberikan oleh Dispar Bone Bolango,  Bolsel akan semakin kuat dalam ‘mengigit’ sektor Pariwisata.

Ilomata River Camp, Wisata Diving Olele, Loalao River Kuning, adalah beberapa Objek Daya Tarik Wisata andalan milik Bone Bolango yang nantinya akan di follow up bersama Dispar Bolsel utk rencana kerjasama promosi wisatanya.

Turut Hadir dalam rombongan ini, Photograper Kelas Internasional, Ayub Mooduto, Staf Khusus Bidang Pariwisata Bolsel, Sir Reinhart Garrang, serta beberapa personel dari Diskominfo Bolsel.

 

Aspriadi Paputungan