Beroperasinya Infrastruktur Kelistrikan, Perkuat Keandalan Pasokan Listrik Serta Buka Peluang Investasi dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Bolsel

by -44 views

LS,BOLSEL- Beroperasinya infrastruktur kelistrikan selain memperkuat keandalan pasokan listrik diwilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo, juga buka peluang investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi warga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Bolsel Hi.Iskandar Kamaru S,Pt setelah pihak PT.PLN (Persero) mengoperasikan tiga infrastruktur kelistrikan untuk memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo yang ditandai ditandai dengan pemberian tegangan pertama atau energize  pada Gardu Induk (GI) 150 kV Otam (Extension) dengan 2 line Bay, GI 150 kV Molibagu (New) berkapasitas 30 MVA dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Otam – Molibagu sepanjang 75,135 kilometer sirkuit (kms).

“Apresiasi kepada PT. PLN (Persero) atas energize atau pemberian tegangan Gardu Induk Molibagu 150 kV yang sangat bernilai strategis, dengan hadirnya gardu Induk di Bolsel, tentunya akan meningkatkan keandalan pasokan tenaga listrik serta membuka peluang investasi yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi warga di Bolaang Mongondow Selatan,”ujar Kamaru.

General Manager PLN UIP Sulawesi Defiar Anis juga menjelaskan bahwa semakin andalnya pasokan listrik, Warga Desa Otam (Bolmong) hingga Molibagu (Bolsel) mampu menikmati listrik selama 24 jam.

“Dengan semakin andalnya pasokan listrik, maka warga di Desa Otam, Kabupaten Bolaang Mongondow hingga Desa Molibagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mampu menikmati listrik 24 jam, selain itu tak hanya memperkuat sistem kelistrikan, pengoperasian ketiga proyek tersebut juga meningkatkan efisiensi, sebab kini PLN tak perlu lagi mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Molibagu yang selama ini dijadikan cadangan daya, hal ini juga sejalan dengan strategi dedieselisasi yang dilakukan PLN untuk mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan meningkatkan efisiensi biaya pokok produksi listrik,” jelas Defiar Anis.

General Manager PLN UIP Sulawesi Defiar Anis juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan sehingga upaya peningkatan infrastruktur kelistrikan dapat terwujud.

“Apresiasi dan terima kasih atas dukungan penuh para pemangku kepentingan setempat sehingga upaya peningkatan infrastruktur kelistrikan ini dapat terwujud, dimana tentunya kolaborasi dan sinergi yang dilakukan insan PLN menjadi salah satu faktor keberhasilan infrastruktur kelistrikan ini, dan diimbau kepada masyarakat jika mengalami gangguan kelistrikan dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123,” tutup Defiar.

 

 

Aspriadi Paputungan