Pemkab Bolsel Gelar Review Kinerja Tahunan Aksi Integrasi Stunting

by -41 views

ADVERTORIAL,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan gelar review kinerja tahunan aksi integrasi Stunting tahun 2021.

Kegiatan yang digelar di Hotel Gran Puri Manado, Rabu (08/12/2021) hingga Sabtu (11/12/2021) dibuka langsung Kepala Dinas Kesehatan dr.Sadly Mokodongan, Bappelitbangda Bolsel, Tim Leader,Tenaga Ahli, Organisasi Perangkat Daerah Terkait, Kepala Bidang Kesmas Dinkes Bolsel, Kepala UPTD Puskesmas, Koordinator Kabupaten Pendamping Desa, Pendamping Desa.

Kepala Dinas Kesehatan dr.Sadly Mokodongan pada kesempatan itu menjelaskan tentang pentingnya review kinerja tahunan aksi integrasi Stunting.

“Review ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana capaian kinerja atas pelaksanaan program dan kegiatan pencegahan dan penurunan Stunting dalam satu tahun terakhir,”jelas Sadly.

Disampaikannya juga tiga hal sehingga review kinerja tahunan perlu dilakukan.

“Pertama review dilakukan untuk membandingkan antara rencana dan realisasi capaian output (target kinerja), capaian outcome, penyerapan anggaran, dan kerangka waktu penyelesaian, Kedua, mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat pencapaian target kinerja output dan outcome, dan Ketiga merumuskan tindak lanjut perbaikan agar target kinerja dapat dicapai pada tahun berikutnya,”tutur Sadly.

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Sam Patoro Larobu Institutional Specialist Cum Team Leader For Regional 5 Makassar

Tujuan dari review kinerja tahunan untuk mendapatkan informasi tentang capaian kinerja program dan kegiatan pencegahan dan penurunan stunting, mendapatkan informasi tentang kemajuan pelaksanaan rencana kegiatan pencegahan dan penurunan stunting yang telah disepakati pada Rembuk Stunting, dan mengidentifikasi pembelajaran dan merumuskan masukan perbaikan sebagai umpan balik untuk perencanaan dan penganggaran program/kegiatan prioritas, penetapan lokasi fokus, serta desain dan upaya perbaikan penyampaian layanan pada tahun berikutnya, sedangkan outputnya akan diperoleh informasi tentang kinerja program/kegiatan pencegahan dan penurunan stunting dalam hal realisasi output (target kinerja cakupan intervensi gizi spesifik dan sensitif), Realisasi Rencana Kegiatan pencegahan dan penurunan stunting, Realisasi anggaran program/kegiatan pencegahan dan penurunan stunting, Faktor-faktor penghambat pencapaian kinerja dan identifikasi alternatif solusi, Perkembangan capaian outcome (prevalensi stunting), dan Rekomendasi perbaikan, berupa efektifitas kegiatan yang berperan dalam pencegahan dan penurunan stunting.

Kinerja dinyatakan dalam indikator hasil tiap Aksi Integrasi. Hasil review kinerja menjadi masukan dalam pelaksanaan Analisis Situasi (Aksi #1) untuk penyusunan Rencana Kegiatan (Aksi #2) tahun berikutnya.

Cakupan review kinerja tahunan meliputi Pelaksanaan Aksi Integrasi Kabupaten/Kota, Realisasi Rencana Kegiatan penurunan stunting tahunan daerah, pelaksanaan anggaran program dan kegiatan intervensi stunting.

 

Aspriadi Paputungan