Bupati Bolsel Imbau Aparat Desa Harus Mampu Implementasikan Kebijakan Anggaran

by -11 views

LS,BOLSEL- Bupati Bolsel imbau Aparat Desa harus mampu implementasikan kebijakan anggaran.

Pernyataan ini disampaikan langsung Bupati Bolsel Hi.Iskandar Kamaru saat membuka resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Tahap II untuk Sangadi dan Perangkat Desa se- Kecamatan Tomini dan Posigadan, Selasa (09/03/2021) hari ini.

“Sangadi dan seluruh jajaran perangkat desa untuk tidak sekedar paham tentang pengelolaan anggaran desa, tapi untuk kesejehteraan masyarakat, harus mampu mengimplementasikan kebijakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa,”tutur Kamaru dalam sambutannya.

Lanjut disampaikan orang nomor satu di Bolsel ini tentang pentingnya kedepan nanti digelar Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa Desa.

“Kedepan nanti, untuk meminimalisir masalah hukum didalam pemerintahan desa, harus ada kegiatan Bimtek tentang pengadaan barang dan jasa,”ungkap Kamaru.

Selanjutnya, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menambahkan bahwa pengelolaan dana desa prosesnya sama dengan proses pengelolaan keuangan di Pemda hanya lingkupnya yang lebih kecil.

“Pengelolaan Dana Desa prosesnya sama dengan pengelolaan keuangan di Pemda, hanya saja ruang lingkupnya lebih kecil, selain itu setiap progres kegiatan didesa harus menuai manfaat bagi masyarakat, tentunya harus diimbangi dengan peran aktif BPD dalam pengawasan dan koordinasi pada pelaksanaan pembangunan di desa,” ungkap Wabup.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid juga menyampaikan sejumlah program yang akan segera masuk ke desa-desa.

“Sejumlah program akan segera masuk ke desa-desa, diantaranya  IPAL SANIMAS, Pisew, Kotaku P3TGAI, dan program lainnya, dimana semua itu merupakan program inisiasi dari Anggota DPR RI Komisi V Hi.Herson Mayulu S.IP.

Hadir pada kegiatan Bimtek Tahap II yang digelar di Hotel Aston Manado yaitu Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan. Ohy SSTP, Asisten I Setda Bolsel Bidang Pemerintahan Ramli Abdul Majid S Pd, Asisten III Setda Bolsel Bidang Administrasi Umum Rikson Paputungan S Pd, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan Sangadi serta perangkat desa se-Kec. Tomini dan Posigadan.

 

Aspriadi Paputungan