Prosesi Adat Gorontalo Sambut Kedatangan ‘Ti Eyanggu’ di Posigadan

by -4 views

LS,BOLSEL– Setelah disambut secara adat Bolango dan Mongondow, kini prosesi adat Gorontalo sambut kedatangan ‘Ti Eyanggu’  (Pimpinan Tertinggi di Negeri Ini) di Kecamatan Posigadan, Selasa (03/01/2021) hari ini.

Gelar ‘Ti Eyanggu’ yang disematkan kepada Bupati Bolsel melalui prosesi adat ini untuk menegaskan kedudukannya sebagai Pimpinan Teringgi di negeri ini.’

Dalam sambutannya, Bupati Hi.Iskandar Kamaru S Pt yang saat itu didampingi Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menyampaikan terima kasih atas do’a dan dukungan masyarakat Bolsel teristimewa masyarakat Posigadan pada pesta demokrasi Pikada 09 Desember lalu.

“Terima kasih atas do’a dan dukungan seluruh masyarakat Bolsel, teristimewa masyarakat se-Kecamatan Posigadan yang telah mempercayakan pasangan BERKAH untuk memimpin kembali periode 2021 hingga 2024 mendatang,”ungkap Kamaru.

Melalui kesempatan ini, kami sampaikan terima kasih kepada Bupati Guhanga Anggota Komisi V DPR RI, Hi. Herson Mayulu, S.IP atas dukungan moral maupun materiil dalam mengawal proses pembangunan dan proses demokrasi di daerah ini.

“Terima Kasih Bupati Guhanga Hi. Herson Mayulu S,IP atas dukunggannya dalam berbagai bentuk sehingga proses pembangunan dan demokrasi didaerah ini berjalan dengan aman, dan damai,”tutur Bupati yang baru saja dianugerahi gelar adat Gorontalo ‘Ti Eyanggu’ .

Disampaikan Bupati Iskandar Kamaru S Pt, bahwa pesta demokrasi Pilkada telah usai, kini saatnya seluruh elemmen masyarakat untuk bersatu dan memperjuangakan daerah ini agar lebih maju.

Iskandar Kamaru

“Pilkada telah usai, untuk itu saya mengajak kepada kita semua untuk bersatu, berjuang bersama membangun untuk kemajuan daerah ini,” ungkap Kamaru.

Ditempat yang sama, Anggota DPR-RI Komisi V Hi. Herson Mayulu, S.IP (H2M) memberikan wejangan kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolsel yang baru dilantik pekan lalu.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Bolsel agar tetap menjaga harmonisasi yang sudah terbangun di daerah ini, dalam kehidupan sehari-hari mari kita mengedepankan adat sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan ditengah masyarakat, sampingkan perbedaan dan jadikan daerah ini lebih maju, sehingga Bolsel mampu berdiri sejajar dengan daerah lain di Bumi Nyiur Melambai,”tutup Mantan Bupati Bolsel dua periode yang memiliki gelar adat Temey Molamahu .

Herson Mayulu

Hadir pada acara penyambutan secara adat tersebut Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy SSTP, Para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Forkopimda Kecamatan Posigadan, Camat, Sangadi se-Kec. Posigadan, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

 

Aspriadi Paputungan