Disdukcapil Bolsel Maksimalkan Pelayanan Perekaman KTP Elektronik Melalui Program Jempol

0
109

ADVERTORIAL,BOLSEL– Untuk menjaring warga wajib Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) maksimalkan pelayanan perekaman di wilayah Kecamatan melalui program Jemput Bola (Jempol).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bolsel Gunawan Otuh, ketika ditemui Kamis (15/10/2020) hari ini, menjelaskan tentang program Jempol.

“Program Jemput Bola ini sudah rutin dilaksanakan ditiap Kecamatan yang ada di Bolsel, dan sejak awal pekan ini kami menggelar perekaman di Wilayah Kecamatan Tomini selama tiga hari berturut-turut, dan hari ini hingga Sabtu mendatang kami akan melayani warga wajib KTP Elektronik di Kecamatan Posigadan, bahkan petugas yang melakukan perekaman bisa mendatangi rumah warga penyandang cacat,”jelas Gunawan.

Lanjut dijelaskannya juga bahwa jelang Pemilihan Umum Serentak 2020, pihaknya akan menjaring para wajib KTP yang pada 09 Desember mendatang sudah memiliki hak pilih dalam pesta demokrasi tersebut.

“Target kami menjaring masyarakat yang sudah wajib KTP Elektronik, yang dalam hal ini pada 09 Desember mendatang adalah pemilih pemula,” ungkap Gunawan.

Adapun manfaat Kartu Tanda Penduduk Elektronik bagi masyarakat yaitu tidak hanya sebagai identitas diri yang berlaku secara nasional, dimana KTP Elektronik dapat digunakan masyarakat untuk memperoleh layanan publik, seperti syarat dalam membuka rekening bank, pengurusan izin, kepesertaan BPJS, dan dalam penyelenggaraan pemilihan umum, semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP Elektronik pasti hak pilihnya terjamin.

KTP Elektronik juga dapat mencegah dari kejahatan pemalsuan data, KTP ganda, dimana nanti diharapkan akan terciptanya data yang akurat yang dapat mendukung pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan nasional maupun di tingkat daerah.

 

Aspriadi Paputungan